Selasa, 07 September 2010

TULANG

Tulang
Tulang atau kerangka adalah penopang tubuh manusia. Tanpa tulang, pasti tubuh kita tidak bisa tegak berdiri. Tulang kita mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan, berlangsung terus sampai dekade kedua dalam susunan yang teratur.
Pertumbuhan tulang selengkapnya terbentuk pada umur lebih kurang 30 tahun. Setelah itu ada juga perubahan yang disebut remodeling. Tulang merupakan reservoir terbesar dari kalsium dan fosfat. 99% kalsium terdapat di tulang (1000 gram)dari jumlah kalsium tubuh, sedangkan fosfat dalam tulang mencapai 90% dari fosfat dalam tubuh.
Bentuk Tulang
Dari segi bentuk, tulang dapat dibagi menjadi : Tulang pipa ( seperti tulang hasta dan tibia ), Tulang pipih ( seperti tulang rusuk, tulang dada ), tulang pendek ( tulang-tulang telapak tangan, pergelangan tangan ), dan Tulang tidak beraturan.
Tulang Pipa atau Tulang Panjang (Long Bone)
Sesuai dengan namanya tulang pipa memiliki bentuk seprti pipa atau tabung dan biasanya berongga. Diujung tulang pipa terjadi perluasan yang berfungsi untuk berhubungan dengan tulang lain.
terbagi menjadi 3 bagian yaitu ;
-Bagian ujung yang disebut EPIFISE.
- Bagian tengah yang disebut Diafise
-Di pusatnya terdapat rongga yang berisi sumsum tulang. Rongga terbentuk karena aktivitas OSTEOKLAS ( perombak tulang ). Diantara epifise dan diafise terdapat cakram epifise. Cakram ini kaya akan osteoblas dan menentukan pertumbuhan tinggi.
Beberapa contoh tulang pipa adalah pada tulang tangan diantaranya tulang hasta (ulna), tulang
pengupil (radius) serta tulang kaki diantaranya tulang paha (femur), dan tulang kering (tibia).
Tulang Pipih (Flat Bone)
Tulang pipih tersusun atas dua lempengan tulang kompak dan tulang spons, didalamnya terdapat sumsum tulang. Kebanyakan tulang pipih menyusun dinding rongga, sehingga tulang pipih ini sering berfungsi sebagai pelindung atau memperkuat. Contohnya adalah tulang rusuk (costa), tulang belikat (scapula), tulang dada (sternum), dan tulang tengkorak.
Tulang Pendek (Short Bone)
Dinamakan tulang pendek karena ukurannya yang pendek dan berbentuk kubus umumnya
dapat kita temukan pada pangkal kaki, pangkal lengan, dan ruas-ruas tulang belakang.
Tulang Tidak beraturan (Irreguler Bone)
Tulang tidak beraturan memiliki bentuk yang tak termasuk ke dalam tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek. Tulang ini terdapat di bagian wajah dan tulang belakang. Pada tulang irregular tidak terdapat jenis ataupun macamnya. Hanya saja tulang tak beraturan ( irregular) ada yang terdapat pada tulang wajah, panggul dan vertebrata.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar